manfaat manfaat jika kita tertawa

hahaha....(tertawa mode on)
Tertawa meupakan pengalaman yang pasti pernah dilakukan oleh semua orang baik itu tua muda,laki-laki perempuan,tinggi pendek,gendut kurus,hitam putih, jelek ganteng atau cantik bagi perempuan. Lebih dari itu ekspresi kegembiraan ini memiliki manfaat secara medis yang bersifat menyembuhkan.Bahkan bagi kecantikan !
Ga percaya kalau tertawa dapat berguna utuk masalah yang berurusan dengan penyakit, tekanan hidup sehari-hari, sters, bahkan dapat secara dramatis mengubah kualitas dan pandangan hidup kita ??Cekidot.

  • Tawa itu meringankan rasa khawatir. Sebab seseorang tidak dapat tertawa dan merasa takut secara bersamaan. Secara fisik itu tidak mungkin. Tawa juga mengecilkan sumber dan ukuran rasa takut kita.
  • Tertawa terbahak-bahak juga menguatkan diafragma atau otot dibawah paru-paru. Otot ini memompa dan mengisi paru-paru dengan udara. Tertawa terbahak-bahak mempercepat aliran oksigen ke paru-paru.
  • Tertawa akan mempertahankan kadar gula dalam darah sehingga baik bagi penderita diabetes. Dalam penelitian terbaru kardiolog Michael Miller dari University of Maryland, tertawa saat menonton film komedi mempengaruhi kontraksi endotelium yang mengurangi hormon stres.
  • Tertawa bisa menurunkan hormon sters dopac, kortisol dan epinephrine sampai berturut-turut 38%, 39% dan 70% menurut penelitian di Loma Linda University, California.Penelitian di Universitas Maryland dengan mempertontonkan film pendek, mereka yang menonton film jenaka mengalami peningkatan aliran darah ke jantung sebanyak 22%. 
  • Tertawa tak hanya melepaskan ketegangan, tapi juga membuat anda lebih sehat. Orang yang tertawa 10 - 25 kali sehari lebih sedikit terkena penyakit dibandingkan dengan mereka yang kurang dari jumlah itu dalam seharinya. Begitu menurut penelitian International Journal of Medical Sciences tahun 2009.
  • Perut rata. William Fry juga menemukan tertawa membuat perut lebih langsing seperti saat mengayuh dayung selama 10 menit. Setelah diukur,tertawa mampu meningkatkan denyut jantung dan membuat oto perut berkontraksi, sama ketika atlet sedang mendayung. 
  • Air liur orang yang sering tertawa ternyata memiliki imunitas lebih tinggi dibandingkan orang yang jarang tertawa   Studi Loma Linda Lee Berk menunjukkan, liur orang yang tertawa memiliki agen pembunuh T-sel yang lebih banyak dan meningkatkan kekebalan tubuh. 
  • Tertawa bikin ramping. Pada saat tertawa, denyut jantung naik 10 - 20 persen dan membakar 1,3 kalori per menit. Tertawa selama 15 menit setiap hari selama satu tahun akan mengurangi kalori hingga dua kilogram.
  • Tawa mengurangi rasa ingin sendiri. Sebab, tawa membuat kita ingin bersosialisasi dengan orang lain dan meringankan rasa kesendirian.
  • Tertawa adalah sumber latihan jantung yang sehat, khususnya bagi orang yang telah berusia lanjut. Selain itu, tertawa juga akan membuat pola napas khusus yang baik bagi kesehatan organ-organ pernapasan. 
  • Kesehatan mental kita menjadi lebih baik dengan tertawa. Sters berkurang, begitu pula rasa marah dan khawatir. Namun, rasa bahagia dan sikap positif meningkat.
  • Tertawa adalah olahraga karena membuat otot tegang dan melentur bergantian. Detak jantung cepat dan tekanan darah meningkat saat tertawa dan kembali menurun setelahnya. Tertawa menggantikan olahraga sejauh dua mil bagi lansia dan orang sakit.
  • Menurut survei Men's Health, dari hampir 600 lelaki yang menjadi responden, 73%-nya menyatakan bahwa memiliki selera humor membuat mereka lebih baik dalam bekerja.
  • Tawa bekerja seperti virus karena menyebar dengan cepat. Menyebarkannya ke seluruh odunia akan mengurangi kemarahan dan kekerasan.
Jadi, kesimpulan yang bisa sedikit gua ambil dari manfaat tertawa yaitu tertawa adalah "obat alami" yang paling mujarab buat kesehatan kita, bermanfaat buat kecantikan juga dan yang paling penting bisa ngurangin kita dari tekanan hidup sters berkepanjangan n kata orang bisa bikin awet muda.

Sedikit pantun dari gua "bang Maman ngecat atap, Mantap"

0 komentar:

Posting Komentar

 

deztructor blog © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers